Wednesday, December 27, 2017

Pelajaran PKN Untuk Kelas III Sekolah Dasar: Pentingnya Harga Diri

PENTINGNYA HARGA DIRI

A. Pengertian Harga Diri
Harga diri dapat diartikan kehormatan diri. Harga diri merupakan pendapat seseorang mengenai dirinya sendiri, seperti yang dipikirkan dan dirasakan tentang dirinya sendiri. Jika kamu berpikiran kamu satu-satunya yang memiliki banyak kekurangan, kamu akan merasa harga dirimu rendah. Sebaliknya, jika kamu menyadari bahwa kelebihan yang ada di dalam dirimu, kamu akan merasa harga dirimu tinggi.

Manusia sering disebut sebagai makhluk sosial. Makhluk sosial, artinya manusia membutuhkan orang lain. Setiap orang memiliki perasaan ingin dihormati menyebabkan seseorang berpikir bahwa harga diri itu penting. Setip orang tidak suka harga dirinya merendahkan.

Dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat meraih prestasi dan keberhasilan dalam hidup sehingga orang lain akan lebih menghargaimu. Selain kemampuan yang kamu miliki, harga diri juga ditentukan oleh sikap dan tingkah lakumu dalam hal-hal berikut :
  1. Berbicara
    Seorang yang berbicara ramah dan sopan akan lebih disenangi. Sebaliknya, orang yang berbicara kasar tidak akan disukai. Cara berbicara seseorang juga sangat menentukan tingkat harga dirinya.
  2. Berpakaian
    Cara berpakaian dapat memengaruhi penilaian orang terhadap diri kita. Seseorang berpakaian rapi, bersih, dan sopan lebih dihormati daripada orang yang berpakaian kotor atau kumal. Cara berpakaian seseorang pun dapat meningkatkan atau mengurangi harga diri.
  3. Berpenampilan
    Jika ingin dihormati, kita harus belajar menghormati diri sendiri dan orang lain.

B. Bentuk Harga Diri
Mengingat begitu pentingnya harga diri, bagi setiap orang. Ada beberapa bentuk harga diri dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu :
  1. Menghargai Diri Sendiri
    Jika ingin dihormati orang lain, terlebih dahulu kita harus belajar menghargai diri sendiri. Kemampuan menghargai diri sendiri dapat menentukan tingkat harga diri. Orang yang mampu menghargai dirinya akan mampu menghargai orang lain.
  2. Menghargai Orang Lain
    Setelah kamu menghargai diri sendiri, kamu harus mampu menghargai orang lain. Jika kami pandai menghargai diri sendiri, tetapi tidak mau menghargai orang lain orang lainpun tidak akan menghargaimu. Bagaimana caramu menghargai orang lain? Salah satunya dengan mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain.

C. Harga Diri Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Harga diri seseorang ditentukan oleh dirinya sendiri dan lingkungannya. Dalam kahidupan sehari-hari, orang yang malas biasanya tidak dihargai orang lain. Adapun orang yang rajin akan dihargai oleh orang lain. Bagaimana caramu menjaga harga diri? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan harga dirimu. Misalnya, berpendirian teguh, bertanggung jawab, dan membantu dengan tulus.
  1. Memiliki Pendirian yang Teguh
    Pendirian dapat diartikan sebagai sikap berpegang teguh pada diri sendiri. Sikap adalah perilaku seseorang yang berdasarkan keinginan diri sendiri dan tidak terpengaruh orang lain. Setiap orang harus memiliki pendirian. Orang memiliki pendirian lebih dihargai daripada orang yang tidak memiliki pendirian.

    Orang yang memiliki pendirian mampu membedakan antara yang baik dan yang buruk. Ia tidak akan mudah terpengaruh oleh orang lain. Dia akan selalu mempertahankan pendapat yang benar. Orang yang berpindirian biasanya memiliki sikap sebai berikut.
    a. Berani mengitkan sikap teman yang salah.
    b. Mau menerima dan mendengarkan pendapat dari orang lain.
    c. Menghormati persaan orang lain.
  2. Bertangung Jawab
    Tanggung jawab berarti sesuatu yang wajib dilakukan. Orang yang bertanggung jawab selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya. Orang yang bertanggung jawab akan dihormati oleh orang lain.
  3. Selalu Berkata Jujur
    Jujur berarti tidak pernah berkata bohong. Orang yang jujur memiliki banyak teman. Orang jujur akan dihargai oleh orang lain. Semua orang akan menyayangi orang yang jujur. 
Disqus Comments