Friday, January 12, 2018

Materi Energi dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sehari-hari - IPA Kelas III Semester Genap

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau membuat sesuatu terjadi. Kita tidak mungkin hidup tanpa energi. Sepanjang hidup manusia selalu mencari berbagai sumber energi. Energi di perlukan untuk menggerakkan sepeda motor, mobil, pesawat terbang, kereta dan kendaraan lainnya. Manusia, hewan, dan tumbuhan dapat melangsungkan hidup karena adanya makanan sebagai sumber tenaga. Orang dapat bergerak karena mempunyai energi yang cukup.

A. Bentuk Energi
Bentuk energi bermacam-macam, antara lain energi panas dan cahaya, energi gerak, energi listrik, energi bunyi dan energi kimia.

1. Energi Panas dan Energi Cahaya
Energi panas adalah energi yang dihasilkan oleh panas suatu benda. Panas juga dapat membuat perubahan pada suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas dimanfaatkan dalam berbagai keperluan, antara lain baju yang basah dapat kering karena sinar matahari, udara yang dingin menjadi hangat karena sinar matahari, panas setrika yang digunakan untuk melicinkan pakaian, masakan yang mentah menjadi matang karena panas dari api kompor, dan masih banyak lagi.

Matahari selain sebagai sumber energi panas juga sebagai sumber cahaya. Dapatkah kalian melihat benda di sekeliling jika tidak ada cahaya? Apa yang akan terjadi jika tidak ada matahari? Siang hari menjadi seperti malam terus-menerus. Udara terasa dingin dan makhluk tidak mendapatkan cahaya yang cukup. Pada malam hari, setelah lampu di dalam ruangan dinyalakan, benda-benda dalam ruangan dapat terlihat. Cahaya dari lampu tersebut dapat menerangi ruangan. Pada siang hari bumi tampak terang benderang karena permukaan bumi mendapatkan cahaya matahari. Tetapi pada malam hari permukaan bumi tampak gelap gulita karena tidak mendapatkan cahaya matahari. Energi panas dan cahaya yang terbesar di hasilkan oleh matahari.



2. Energi Gerak
Daun yang bergerak-gerak di pohon disebabkan oleh tiupan angin. Bendera yang berkibar-kibar karena embusan angin. Angin adalah udara yang bergerak. Angin menjadi sumber energi gerak. Angin juga dapat memutar kincir untuk menghasilkan energi listrik

Selain angin, air juga sebagai energi gerak. Aliran air sungai dapat menghanyutkan benda-benda. Ketika banjir aliran air dapat merobohka jembatan, rumah, ternak, dan segala macam benda. Contoh peralatan yang menghasilkan energi gerak adalah kipas angin, bor, mixer, dan masih banyak lagi.



Energi gerak disebut juga energi kinetik. Benda dapat bergerak karena ditarik atau di dorong. Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang sedang bergerak.

3. Energi Listrik
Energi listrik dihasilkan oleh sumber listrik. Contoh sumber listrik adalah batrai, aki, dinamo dan generator. Energi listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik. Energi listrik merupakan energi yang banyak dipakai karena dapat diubah kedalam bentuk-bentuk yang lain. Listrik yang ada dirumahmu dihasilkan dari generator raksasa. Beberapa peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik, antara lain lemari es, pendingin ruangan, setrika listrik, televisi, lampu, blender, komputer, dan radio.



4. Energi Bunyi
Bunyi yang kita dengar disebabkan oleh suatu benda yang bergetar. Adanya beraneka ragam bunyi. Benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Contoh sumber bunyi antara lain radio, terompet, petir, bunyi burung berkicau, klakson dan lain-lain. Bunyi dapat di dengar telinga karena getaran bunyi dirambatkan dalam bentuk gelombang bunyi. Gelombang bunyi diterima oleh telinga kita dan diteruskan keotak. Manusia menghasilkan suara dari getaran pita suara di pangkal tenggorokan.

B. Sumber Energi dan Kegunaannya
Energi berasal dari sumber energi. Beberapa sumber energi diantaranya:
1. Matahari
Matahari salah satu sumber energi yang sampai kebumi. Semua makhluk hidup akan mati tanpa matahari. Matahari memancarkan energi caha dan panas. Matahari disebut bintang karena dapat memancarkan cahayanya sendiri. Letak matahari sangat jauh dari bumi. Oleh sebab itu terlihat keci, Tetapi sebenarnya matahri sangat besar, Jutaan kali besar bumi.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia memerlukan energi matahari, antara lain untuk pemanas ruangan dan air, proses pembuata garam, mengeringkan pakaian, menghangatkan tubuh dan masih banyak kegunaan lainya.

2. Air
Air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang lebih rendah. Pergerakan air tersebut dapat menghasilkan energi listrik. Energi gerak oleh aliran air dapat mengakibatkan banjir yang mampu merusak lingkungan.

3. Angin
Angin adalah udara yang bergerak. Udara yang bergerak memiliki energi. Angin menyimpan tenaga yang dapat untuk menggerakan layar, layang-layang, kincir angin. Kincir angin di gunakan untuk menggiling biji-bijian, memompa air ataupun membangkitkan listrik. Kincir angin memiliki kelebihan dibanding sumber tenaga lainya karena bebas polusi. Angin terjadi secara alami, sehingga selalu ada sepanjang waktu.

4. Kayu Bakar
Bentuk energi yang dihasilkan dari kayu bakar adalah energi panas. Orang-orang dipedesaan masih banyak menggunakan kayu bakar untuk memasak. Mereka mudah untuk memperolehnya karena disekitar pedesaan masih banyak pohon, kayu bakar dapat diperoleh dari ranting dahan, maupun batang pohon berkayu.

5. Makanan
Bahan makanan menghasilkan energi melalui proses pencernaan yang dilakukan oleh tubuh kita. Kita makan dari makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan memperoleh energi dari tumbuhan dan hewan lainya yang dimakannya. Sebagai sumber energi, makanan itu berfungsi untuk menggerakan organ-organ tubuh dan melakukan berbagai kegiatan. Maknan yang banayk menghasilkan tenaga adalah karbohidrat, misalnya nasi, jagung dan kentang.

6. Minyak Bumi dan Gas Alam
Minyak bumi berasal dari sisa-sisa hewan yang tertimbun berjuta-juta tahun lamanya. Minyak bumi diambil dengan cara pengeboran. Kemudian minyak mentah disuling di pabrik-pabrik penyulingan minyak sehingga menghasilkan bensin, minyak tanah, aspal, lilin dan masih banyak lagi. Gas dihasilkan dari pengeboran minyak bumi. Selain itu, gas alam dihasilkan langsung berupa tambang gas. Gas yang dimasukan ke dalam tambung berupa gas yang sudah dijadikan cair.


7. Listrik
Listrik diperoleh dari sumber pembangkit listrik, batrai, dinamo, dan aki. Dalam kehidupan sehari-hari, listrik memiliki manfaat yang sangat besar. Antara lain untuk penerangan, menghidupkan perlatan rumah tangga dan menghidupka alat-alat listrik lainya. Hampir semua alat rumah tangga sudah menggunakan listrik. Oleh sebab itu, gunakan listrik secukupnya supaya hemat. Hemat listrik dapat menghemat biaya.

Uji Kompetensi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling benar!

  1. Turbin yang diam dan berputar karena pengaruh energi ....
    a. Gerak
    b. Listrik
    c. Cahaya
    d. Matahari
  2. Ruangan yang tadinya tenang, ketika ada banyak orang menjadi berisik karena pengaruh energi ....
    a. Kinetik
    b. Bunyi
    c. Angin
    d. Putar
  3. Semakin berat kita mengangkat benda, maka tangan yang dibutuhkan juga semakin ....
    a. Sedikit
    b. Kecil
    c. Berkurang
    d. Besar
  4. Energi yang terkandung dalam akumulator (aki) adalah ....
    a. Listrik
    b. Fisika
    c. Kimia
    d. Gerak
  5. Energi yang ditimbulkan sirine adalah ....
    a. Energi listrik
    b. Energi gerak
    c. Energi bunyi
    d. Energi cahaya
  6. Strika listrik menghasilkan energi ....
    a. Listrik
    b. Bunyi
    c. Cahaya
    d. Panas
  7. Turbin adalah alat yang dapat menghasilkan energi ....
    a. Listrik
    b. Gerak
    c. Magnet
    d. Angin
  8. Alat-alat dibawah ini digerakan oleh energi listrik, kecuali ....
    a. Kulkas
    b. Mesin cuci
    c. Televisi
    d. Kompor gas
  9. Bentuk energi yang dari matahari adalah ....
    a. Panas dan listrik
    b. Panas dan cahaya
    c. Cahaya dan kimia
    d. Cahaya dan angin
  10. Kincir angin digerakan dengan energi ....
    a. Matahari
    b. Angin
    c. Air
    d. Listrik
  11. Pakaian yang basah setelah di jemur berubah menjadi kering karena adanya pengaru energi ....
    a. Kimia
    b. Listrik
    c. Panas
    d. Potensial
  12. Udara yang bergerak disebut
    a. Hawa
    b. Angin
    c. Uap
    d. Napas
  13. Bahan bakar dan minyak bumi menyimpan energi ....
    a. Cahaya
    b. Gerak
    c. Kinetik
    d. Kimia
  14. Sumberdaya alam berikut ini dapat diperbaharui, kecuali ....
    a. Tumbuh-tumbuhan
    b. Minyak bumi
    c. Batu bara
    d. Bensin
  15. Dibawah ini yang merupakan contoh energi alternatif adalah ....
    a. Matahari
    b. Listrik
    c. Batu bara
    d. Minyak bumi

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!


  1. Energi panas yang sangat penting bagi kehiduan di bumi berasal dari ....
  2. Kincir air digerakan dengan menggunakan ....
  3. Energi yang terkandung dalam batu batrai adalah ....
  4. Bunyi dihasilkan oleh benda yang ....
  5. Prahu layar digerakan dengan energi ....
  6. Energi matahari dapat dimanfaatkan secara langsung untuk ....
  7. Cahaya matahari mengandung energi ....
  8. Sumber energi bagi tubuh kita diperoleh melalui ....
  9. Bentuk energi yang dihasilkan oleh setrika adalah ....
  10. Suara manusia berasal dari getaran ....

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
  1. Energi apa yang dapat mendorong layang-layang naik keatas?
    Jawab: ..................................................................................................................................
  2. Energi apa yang tersimpan dalam air terjun?
    Jawab: ..................................................................................................................................
  3. Energi apa yang ditimbulkan dari seruling yang ditiup?
    Jawab: ..................................................................................................................................
  4. Energi apa yang digunakan untuk menggerakan turbin pembangkit listrik?
    Jawab: ..................................................................................................................................
  5. Dengan energi apakah proses pengawetan ikan secara tradisional?
    Jawab: ..................................................................................................................................

IV. Jawablah petanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
  1. Jelaskan mengapa siang hari di sekitar kita menjadi terang!
    Jawab: ..................................................................................................................................
  2. Apakah guna lemari es?
    Jawab: ..................................................................................................................................
  3. Berilah tiga contoh sumber energi panas!
    Jawab: ..................................................................................................................................
  4. Tuliskan tiga contoh pemanfaatan energi matahari!
    Jawab: ..................................................................................................................................
  5. Sebutkan tiga macam energi alternatif!
    Jawab: ..................................................................................................................................

Disqus Comments