Friday, January 12, 2018

Materi Kekhasan Bangsa Indonesia - Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III Semester Genap

A. Kebhinekaan Bangsa Indonesia
1. Bhineka Tunggal Ika
Tahukah kamu apa arti Bhineka Tunggal Ika?
Dimana tulisan  Bhineka Tunggal Ika tersimpan?

Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia. Tulisan  Bhineka Tunggal Ika terdapat pada pita yang dicengkeram burung garuda. Istilah  Bhineka Tunggal Ika diambil dari kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Adapun arti  Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan ini memang cocok bagi bangsa Indonesia yang majemuk.

Bangsa Indonesia adalah suatu bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa yang mendiami ribuan pulau di wilayah negara Indonesia. Suku-suku yang mendiami negara Indonesia misalnya suku Batak, suku Sunda, suku Jawa, suku Madura, suku Bugis, suku Sasak, suku Lembah Beliem, dan suku Dayak.

Setiap suku mengembangkan cara kehidupan, adat istiadat, serta kebudayaannya. Kebudayaan suku bangsa disebut sebgai kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional terdiri atas kebudayaan daerah sebagai satu kesatuan yang meliputi bahsa, kesenian, adat istiadat, serta kepercayaan yang turun-temurun dan berkembang di masyarakat Indonesia.

Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Walaupun terdiri dari berbagai suku, bahasa, kesenian, adat istiadat dan kepercayaan, kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Begitu juga kita memiliki bendera kebangsaan, yaitu bendera Merah Putih, lagu kebangsaan yaitu lagu Indonesia Raya serta dasar negara Pancasila.

2. Budaya Bangsa
Diatas telah disebutkan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku. Tiap suku memiliki budaya yang disebut budaya daerah. Budaya daerahmerupakan modal untuk membentuk budaya bangsa. Adapun budaya daerah yang kita miliki, antara lain sebagai berikut.

  • Rumah Adat
    Rumah adat berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat berkumpulnya keluarga. Tiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat yang disebut rumah tradisional. Rumah tradisional tersebut umumnya memiliki nama. Rumah gadang adalah rumah tradisional Sumatra Barat. Rumah joglo adalah rumah tradisional Jawa Tengah. Rumah rakyat adalah rumag tradisional Bengkulu. Rumah honai adalah rumah tradisional Papua. Rumah tongkonan adalah rumah tradisional Sulawesi Selatan dan lain sebagainya.
  • Pakaian
    Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin. Hampir setiap provinsi memiliki pakaian daerah atau adat masing-masing.
  • Tarian
    Tiap provinsi di Indonesia memiliki tarian daaerah. Misal Tarian serimpi dari Jawa Tengah.
  • Lagu Daerah
    Tiap provinsi di Indonesia memiliki lagu daerah yang berbeda-beda. Misalnya jamuran dari Jawa Tengah.
  • Senjata Tradisional
    Senjata tradisional di setiap daerah berbeda-beda. Misalnya Keris dari Jawa Tengah.
  • Kesenian Rakyat
    berbagai kesenian rakyat di Indonesia antara lain lenong dari Betawi, ketoprak dari Jawa tengah dan Yogyakarta, dll.
  • Alat Musik
    Berbagai alat musik daerah, antara lain kolintang dari Minahasa, sasando dari Nusa Tenggara Timur, talempong dari Sumatra Barat, calung dari Sunda, dll.
  • Cerita Rakyat
    Berbagai cerita rakyat dari Indonesia, antara lain Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Malin Kundang dari Sumatra Barat, dll.
Keaneka ragaman suku, budaya, adat istiadat, serta kepercayaan bagi bangsa Indonesia tidak menjadi masalah bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini disebabkan bangsa Indonesia menyadari bahwa keanekaragaman tersebut merupakan kekayaan bangsa yang harus menjadi dasar persatuan dan kesatuan negara.

B. Kekayaan Alam Indonesia
Bangsa Indonesia memiliki berbagai jenis kekayaan alam. Kekayaan alam adalah semua hasil alam Indonesia yang dipergunakan untuk kesejahteraan manusia.

Kekayaan alam Indonesia melimpah ruah. Kekayaan alam itu meliputi hasil daratan. Hasil daratan dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu hasil atas bumi dan hasil dari perut bumi. Hasil dari atas bumi berupa hewan, hasil pertanian, perkebunan, perikanan darat, dan lain-lain. Adapun hasil dari perut bumi berupa barang tambang, misalnya minyak bumi, batu bara, timah, besi dan lain-lain.

Kekayaan alam itu sering disebut sumber daya alam. Sumber daya alam di Indonesia dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam dapat diperbaharui karena sumber daya alam itu dapat dihasilkan kembali setelah digunaka. Adapun sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah tanaman, hewan, tanah, air dan udara.

2. Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam tidak dapat diperbaharui karena setelah digunakan tidak dapat diadakan kembali. Adapun yang termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan tambang dan minyak bumi.

C. Keramah Tamahan Bangsa
Keramahtamahan bangsa Indonesia sudah dimiliki sejak zaman dahulu kala. Sejarah menunjukan, kedatangan bangsa asing, seperti orang India, orang Barat, orang Persia dan Gujarat di tanah air diterima dengan tangan terbuka dan ramah tamah. Mereka bergaul secara akrab sebagai sahabat.

Keramahtamahan bangsa Indonesia menyebabkan adanya pengaruh asing itu tertanam di hati bangsa ini. Misalnya ada agama Hindu, Buddha, Islam, Kristen dan Katolik yang dianut bangsa Indonesia.

Disqus Comments