Wednesday, January 2, 2019

Bahasa Indonesia - Aku dan Cita-Citaku

Materi Pelajaran bahasa Indonesia - Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Aku dan Cita-Citaku

Apa cita-citamu? Apakah kamu tahu yang dimaksud dengan cita-cita? Cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya. Bagi sebagian orang, cita-cita hanyalah mimpi belaka. Bagi orang yang menganggap tujuan hidup, cita-cita adalah sebuah impian yang membakar semangat untuk terus melangkah yang jelas dan mantap dalah kehidupan ini.

Umumnya sejak kecil anak-anak sudah mempunyai cita-cita. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah memiliki cita-cita? apabila sudah, teruslah berusaha untuk mewujudkan cita-citamu tersebut. Namun, jika kamu belum memiliki cita-cita, coba berpikir dan bayangkanlah kelak setelah dewasa kamu ingin menekuni bidang pekerjaan seperti apa. Menentukan bidang pekerjaan yang ingin ditekuni setelah dewasa dapat membuatmu menentukan cita-cita yang tepat. Sebaliknya, tentukan alasanmu memilih bidang pekerjaan tersebut. Alasan yang tepat dan logis akan semakin membuatmu bersemangat menggapai cita-citamu. Dalam menentukan cita-cita yang ingin diwujudkannya, seseorang pasti memiliki alasan tersendiri. Sebagai contoh, seseorang bercita-cita menjadi pengusaha karena ingin membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain.

Jenis cita-cita ada beberapa macam. Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi pemain piano?




Perhatikan puisi berikut!
Menjadi pemain piano
Alunan piano bedentang merdu
Aku teertegun mendengarnya
Tak bisa kutahan rasa haru
Aku begitu bahagia mendengar suaranya
Kelak, aku ingin memainkan piano itu
Aku bercita-cita menjadi pemain andal
Akan kumainkan lagu-lagu yang merdu
Akan kumainkan lagu-lagu spesial

Buatlah Puisi tentang cita-citamu!
Disqus Comments