Tuesday, January 8, 2019

IPS Kelas 4 - Mencukupi Kebutuhan Dengan Memanfaatan Sumber Daya Alam

Manusia hidup membutuhkan pekerjaan. Orang bekerja karena ingin mendapatkan penghasilan. Penghasilan inilah yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya, manusia memanfaatkan sumberdaya alam yang ada di sekitarnya.

Alam semesta beserta seluruh isinya diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk manusia. Oleh karena itu, kita harus bersyukur kepada-Nya. Tanah Indonesia yang subur, hutan-hutan tropis dan laut-lautannya yang luas menggandungsumberdaya alam yang tak terhitung banyaknya.

1. Kegiatan bidang pertanian

Pernakah kamu melihat petani menanam padi disawah? Sebagian besar penduduk Indonesia bermatapencaharian sebagai petani. Petani menanam padi disawah. Hasil utama pertanian di negara kita adalah padi. Petani tidak hanya menanam padi tetapi juga ada yang menanam jagung, ketela, sayuran dan sebagainya.

2. Kegiatan bidang perikanan

Usaha dalam bidang perikanan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat dilakukan di darata, misalnya, dengan cara memelihara ikan di kolam dan tambak. Contoh hasil perikanan darat adalah lele, mujair, nila, gurami, karper dan udang. Usaha perikanan laut dilakukan oleh nelayan. Umumnya, penduduk yang tinggal di tepi pantai, mata pencahariaannya adalah nelayan. Mereka menangkap ikan dilaut. Contoh hasil perikanan laut adlah ikan tongkol, tuna, tengiri, kerapu, cakalang dan udang.

3. Kegiatan bidang peternakan

Tahukah kamu, apa saja hasil peternakan? Usaha untuk membudidayakan hewan ternak disebut peternakan. Hewan ternak yang dibudidayakan di masyrakat, antara lain ayam, burung puyuh, kambing, sapi dan lebah. Dapatkah kamu menyebutkan yang lainnya?

Beternak ayam dan burung puyuh untuk diambil dagingnya tetapi juga ada yang hanya diambil telurnya. Beternak sapi perah untuk diambil air susunya. Pernakah kamu minum susu sapi segar? Beternak lebah untuk diambil madunya. Tahukah kamu apa manfaat madu? Hasil peternakan sebagian dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, sebagian juga dijual untuk mendapatkan uang.

4. Kegiatan bidang pertambangan

Negara kita ini subur dan sumber alamnya melimpah. Hampir disetiap daerah mempunyai sumber daya alam. Sumber daya alam yang merupakan bahan tambang misalnya, minyak bumi, gas alam, batu bara, timah, tembaga, perak, bauksit dan nikel.

Sumber daya alam tersebut sebagian kecil di kelola secara perorangan dan sebagian besar dikelola oleh perusahaan-perusahaan pertambangan. Sumber daya alam yang dikelola secara perorangan masih dilakukan dengan cara tradisional, misal pendulangan emas.

Sumber daya alam ada yang dikelola oleh perusahaan dalam negeri dan ada yang dikelola oleh perusahaan asing. Penduduk yang ada di sekitar perusahaan tersebut ada yang menjadi pekerja atau karyawan di perusahaan itu. Dengan bekerja di perusahaan pertambangan tersebut, mereka mendapatkan penghasilan berupa uang. Uang yang diperoleh dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Disqus Comments