Saturday, January 12, 2019

PKN - Makanan Khas Daerah di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, baik suku bangsa, budaya, adat istiadat, bahasa daerah, maupun makanan khas daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki chiri khas masing-masing, misalnya daerah Jawa memiliki bahasa dan makanan khas, daerah Sumatra juga memiliki bahasa darah dan makanan khas. Berikut contoh makanan khas daerah di Indonesia.

1. Rendang




Rendang merupakan makanan khas dari daerah Padang. Rendang berbahan dasar daging dan beberapa bumbu rempah-rempah yang ada di dalamnya, seperti kunyit, ketumbar dan beberapa bumbu lainya. Rendang sudah tersebar di berbagai rumah makan Padang di seluruh Indonesia.

2. Gudeg




Gudeg merupakan makanan khas dari daerah Yogyakarta. Gudeg berbahan dasar nangka muda yang kemudian dimasak dengan gula dan santan. Rasa dari makanan khas dari Indonesia ini legit dan manis. Gudeg sangat enak di konsumsi dengan nasi yang hangat, kemudian di tambah dengan lauk lengkap, seperti ayam goreng, telur rebus, tempe goreng dan juga kerupuk kulit.

3. Pempek




Pempek atau empek-empek adalah makan khas dari Palembang yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan tepung sagu, serta beberapa komposisi lain, seperti telur, bawang putih halus dan garam. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena di semua daerah di Sumatra Selatan memproduksinya. Penyajian pempek di temani oleh saus berwana hitam kecokla-coklatan disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang di didihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi, cabai rawit tumbuk, bawang putih dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko di buat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun, seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatra saat ini banyak di temukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak suka pedas.

Disqus Comments