Monday, December 16, 2019

Jenis Makanan Hewan

Alam menyediakan sumber makanan berlimpah bagi makhluk hidup, termasuk hewan. Di sekitar kita banyak berbagai jenis hewan. Ada hewan yang bertubuh kecil dan ada pula hewan burtubuh besar. Jenis makanan hewan berbeda antara hewan satu dengan hewan yang lain. Perbedaan makanan pada hewan disebabkan oleh bagian tubuh hewan sudah disesuaikan dengan makanan tertentu. Oleh karena itu, hewan tidak bisa sembarangan memakan makanan karena makanan yang tidak sesuai dengan organ pencernaan hewan akan sulit untuk diterima atau dicerna oleh tubuh hewan.

Sember makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan dan dari hewan.
1. Makanan berupa tumbuhan
Sebagian besar makanan hewan berasal dari tumbuhan. Hampir semua bagian dari tumbuhan dapat dimakan oleh hewan. Mulai dari daun, batang, buah, biji, sampai akarnya bisa dijadikan sumber makanan. Contoh makanan berupa tumbuhan sebagai berikut.
a) Rumput



Beberapa hewan memakan rumput dan daun-daun segar, misalnya rumput gajah, daun pisang, daun jagung, dan daun tebu. Hewan yang memakan rumput dan daun-daun segar, misalnya sapi, kerbau, kambing, dan kelinci.

b) Buah-buahan



Buah-buahan yang menjadi makan hewan, misalnya mangga, jambu, pisang, dan rambutan. Hewan yang makan buah-buahan, misalnya kera dan burung.

c) Biji-bijian



Biji-bijan yang menjadi makanan hewan, misalnya padi, jagung, dan kacang. Hewan yang makan biji-bijian, misalnya burung kalibri.

2. Makan berupa hewan
Hewan kecil banyak yang menjadi mangsa hewan yang lebih besar. Misalnya, cecak yang memakan serangga kecil seperti nyamuk. Hewan yang bertubuh besar juga dapat menjadi makanan hewan lain. Nyamuk, lalat, dan belalang menjadi mangsa katak. Kelinci menjadi makanan elang. Bahkan dihutan, hewan besar seperti jerapah, kijang, dan kerbau dijadikan mangsa oleh harimau dan singa. Ada juga hewan bertubuh besar yang dimangsa hewan kecil. Misalnya kambing yang dimakan ular.


Disqus Comments