Saturday, February 16, 2019

Mengenal seni kolase

Kolase merupakan karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan berbagaimacam paduan bahan. Kolase meliputi kegiatan menempel potongan-potongan kertas, batu, logam, kaca, kramik, biji-bijian atau material lain untuk membuat desain / rancangan tertentu. Membuat kolse ini sangat mudah dan dapat dikerjakan siswa dengan baik. Siswa hanya tinggal memberi lem/perekat pada gambar berpola kemudian taburkan marerial (beras, daun-daun kering, pasir, kertas warna-warni). Tekan pelan agar material dapat melekat dengan sempurna. Kemudian sisihkan sisa-sisa material yang tidak ikut tertempel di kertas.

Pemanfaatan bahan baku kolase yang beragam akan menghasilkan karakter bentuk kolase yang unik dan menarik yang dapat di bedakan menjadi kolase dua dimensi dan kolase tiga dimensi untuk fungsi yang berbeda-beda. Kita dapat memanfaatkan kolase untuk berbagai kebutuhan. Membuat kolase dapat merupakan prosedur menghias atau mendekorasi yang sangat aktraktif untuk diaplikasikan pada kartu ucapan, tas kertas, kotak hias, cover buku, bingkai foto, baki kayu dan lain sebagainya. Selain itu, kamu dapat pula mengembangkan kolase sebagai unsur estetik dalam seni lukis atau mengeksplorasi secara kreatif sebagai karya seni. Bahan-bahan pembuatan kolase sebagai berikut:
1. Serutan kayu


Untuk bahan kolase, serutan kayu harus di keringkan dahulu. Hal ini dimaksudkan agar warna tidak berubah, kemudian serutan kayu di potong-potong sesuai dengan ukuran yang di inginkan dan siap untuk di tempel.

2. Kaca
Kaca yang digunakan adalah bekas potongan kaca yang biasa di dapat di tempat orang yang memasang bingkai untuk memasang pajangan yang sudah tidak digunakan lagi. Agar kaca berwarna, dapat dipakai kaca biasa yang di cat. Dalam pengolahan kaca diharapkan berhati-hati agar tidak terluka.

3. Batu
Batu yang cocok untuk kolase adalah batu akik karena memiliki bermacam-macam warna. Batu diasah sehingga warnanya kelihatan akan lebih cemerlang.

4. Logam
Untuk kolase sebaiknya di pilih bekas-bekas logam yang mudah di dapat, seperti seng, kuningan dan aluminium. Plat logam dat di potong-totong dengan ukuran yang di kehendaki, kemudian baru di datarkan ke bidang dasar kolase.

5. Keramik
Keramik memiliki warna yang cukup banyak. Untuk keperluan membuat kolase dapat digunakan bekas potongan keramik untuk lantai rumah. Bahan ini dapt di potong-potong, sesuai dengan ukuran yang di kehendaki.

6. Tempurung (batok kelapa)
Untuk bahan kolase sebaiknya dipilih tempurung dari kelapa setengah tua sampai kelapa tua. Tempurung kelapa dibersihkan dari serat-serat serabut dan dihaluskan dengan amplas. Setelah halus, baru di potong dengan ukuran yang di kehendaki. Tempurung dapat dipotong-potong dengan gergaji besi agar mendapat ukuran yang di kehendaki.

7. Biji-bijian
Biji-bijian diperoleh dari tumbuh-tumbuhan. Biji-bijian ini banyak macamnya. Demikian pula bentuk, ukuran, warna dan teksturnya. Biji-bijian ini hendaknya di keringkan terlebih dahulu agar warnanya tidak berubah dan menyusut. Bila perlu, dapat pula di goreng tanpa minyak.

8. Daun-daunan
Daun-daunan adalah bahan kolase yang mudah di peroleh. Untuk di jadikan bahan kolase, diambil daun kering atau daun yang sudah gugur. Pilihlah warna daun kering yang berbeda-beda agar dalam penyusunannya menjadi sebuah lukisan atau desain akan lebih mudah.

9. Kulit-kulitan
Kulit-kulitan berasal dari kulit buah dan kulit batang tumbuh-tumbuhan. Tidak semua kulit buah dapat dijadikan bahan kolase, demikian pula dengan kulit batang, kulit salak, kulit kacang tanah, kulit jeruk dan kulit rambutan. Kulit batang yang dapat dijadikan kolase, antara lain, rambutan, kulit pisang dan kelopak bambu. Semua kulit-kulitan haruslah di keringkan dahulu sebelum di pakai sebagai bahan kolase, kemudian di potong-potong sesuai dengan ukuran yang di kehendaki.

10. Keras bekas
Untuk bahan kolase sebaiknya dipilih kertas yang berwarna. Semua kertas berwarna pada dasarnya dapat dijadikan bahan kolase. kertas-kertas bekas sampul, majalah, poter-poster, alamana atau kemasan produk-produk industri dapat pula di pakai sebagai bahan kolase. Dalam pemakaian, kertas di potong-potong sesuai dengan ukuran yang di kehendaki.

Disqus Comments