A. Pengertian Iklan
Amatilah gambar di bawah ini!
Gambar tersebut merupakan iklan yang menawarkan air mineral. Apa informasi yang kamu dapatkan dari gambar tersebut? Berdasarkan iklan tersebut, kita dapat mengetahui kandungan air mineral. Air memiliki banyak manfaat.
Majalah merupakan salah satu contoh media cetak yang didalamnya memiliki berbagai macam bacaan. Kamu juga dapat menemukan berbagai macam iklan yang menawarkan benda-benda yang dibutuhkan masyarakat.
Coba amati gambar iklan pada gambar dibawah ini!
Iklan di atas menawarkan produk dispenser dengan merek “IKO”. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli dispenser bermerek “IKO”.
Lantas, apa yang dimaksud dengan iklan?
Iklan adalah pemberitahuan kepada kalayak mengenai barang atau jasa yang dijual. Iklan biasa dipasang dimedia cetak ataupun media elektronik, seperti koran, majalah, radio, televisi, dan website.
B. Unsur-unsur Iklan
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Agar pemberitahuan tersebut dapat dibaca dengan baik oleh masyarakat maka pembuatan iklan harus dibuat dengan jelas dan semenarik mungkin. Tujuannya supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh sebab itu, dalam pembuatan iklan ada beberapa unsur yang harus diperhatikan. Adapun unsur-unsur iklan, antara lain nama produk, gambar yang menarik, kalimat iklan, keunggulan produk, harga produk, nomor telepon, dan alamat pengiklan.
Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan suatu produk atau jasa. Iklan juga digunakan sebagai media sosialisasi atau mengajak masyarakat ke hal-hal uang positif. Misalnya, iklan yang mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan.