Thursday, April 16, 2020

Iklan Elekronik

Apa kamu memiliki radio? Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi. Radio juga dapat digunakan sebagai media hiburan yang efektif karena memiliki banyak program acara yang menghibur pendengar. Biasanya, di sela-sela acara biasanya disisipi iklan media elektronik. Ada beberapa produk yang diiklankan dalam media elektronik, misalnya baju, aneka makanan, minuman ringan, dan sebagainya. 

Iklan Elekronik

Iklan adalah advertising berasal dari bahasa Yunani yang berarti menggiring orang pada suatu gagasan. Wujud dari iklan sendiri merupakan sebuah informasi. Informasi dalam iklan dapat disebarluaskan melalui media elektronik, seperti televisi, radio, atau internet. Iklan semacam ini dinamakan iklan elektronik. Iklan elektronik meliputi berikut.

  1. Iklan Radio




    Radio sebagai media untuk beriklan baru muncul pada tahun 1920-an. Iklan radio merupakan iklan yang disiarkan melalui media radio berupa kombinasi bunyi kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect). Iklan radio memiliki durasi yang hampir sama dengan iklan televisi, namun hanya dapat didengar.
  2. Iklan Televisi




    Iklan televisi adalah yang disiarkan melalui televisi. Iklan di televisi termasuk iklan yang paling mahal biayanya, akan tetapi dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Sesuai karakteristiknya, iklan televisi mengandung unsur suara, gambar, dan gerak sehingga dapat dilihat dan didengar.
  3. Iklan Internet




    Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Iklan internet disebut juga sebagai iklan online. Iklan di internet ada yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat. Iklan internet dapat menjangkau berbagai kalangan di berbagai tempat serta biayanya murah.

Unsur dan Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio dan internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan elektronik.

  1. Unsur-unsur iklan radio
    Iklan radio hanya terdiri atas satu unsur, yaitu unsur suara (audio). suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara.
  2. Unsur-unsur iklan televisi
    Iklan televisi memiliki beberapa unsur, yaitu suara, gambar, teks, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang diampaikan sangatlah menarik perhatian dan impresif.
  3. Unsur-unsur iklan internet
    Iklan di internet dapat berupa video yang memiliki, baik unsur suara maupun gambar bergerak. Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

Adapun ciri-ciri bahasa iklan elektronik, antara lain komunikatif, informatif, mudah dimengerti dan diingat oleh masyarakat, menarik perhatian, serta mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Disqus Comments