Thursday, October 22, 2020

Teks Eksplanasi

Tahu kah kamu apa itu teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain lagi sesudahnya. Adapun struktur teks eksplanasi sebagai berikut.


1. Pernyataan Umum
Pernyataan umum berisi satu statement/pernyataan tentang suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya, terjadinya, atau terbentuknya.
2. Deret penjelas
a. Berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan, atau proses terjadinya.
b. Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ yang jawabannya berupa pernyataan.
c. Dimungkinkan penjelasan, mengingatkan proses perlu dijelaskan secara bertahap dan urut dari yang pertama, kedua, ketiga, atau pertama, berukutnya, atau terakhir.
3. Penutup/interpretasi
Berisikan kesimpulan atau pernyataan tentang topik/proses yang dijelaskan.

Adapun ciri-ciri teks ekplanasi adalah sebagai berikut.

1. Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, deret penjelas, dan interpretasi.

2. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta atau kenyataan.

3. Fakta tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah.

Contoh teks eksplanasi.

Terjadinya Musibah Banjir Bandang
Pernyataan Umum

Banjir bandang atau air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba. Banjir in akan menggenangi, hingga mengalir deras sehingga mampu menghanyutkan benda-benda besar seperti kayu bahkan mobil di sekitar area yang terbanjiri.

Deret Penjelas

Banjir bandang terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah yang diakibat hujan yang turun terus-menerus. Banjir ini terjadi saat penambahan debit air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi.

Namun bukan hujan deras yang tak kunjung henti saja alasannya. Penyebabnya sangatlah beragam, termasuk tertutupnya area tanah oleh lantai, aspal dan rumah-rumah yang dibangun di sekitar. Singkat kata, pembangunan yang tidak memperhatikan keseimbangan alam dapat menjadi penyebabnya juga.

Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air secara tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

Penutup/Interpretasi

Menanggulangi banjir adalah hal yang terpaksa dilakukan, namun mencegahnya adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Alasan banjir bandang yang paling sering terjadi adalah akibat dari meluapnya air sungai yang sudah tidak dapat mengalir dengan cepat karena terhambat oleh sampah. Sehingga mari disiplin untuk tidak membuang sampah ke sungai.


Disqus Comments